Skip to main content

Penyebab seseorang lupa ingatan


hay guys!

kali ini saya mau berbagi persoalan tentang lupa ingatan ?

alot of people wanna forget all they think :v akwkawkaw sok2 narsis gua ya :v

lanjut aja langung ke thread di bawah V

1. Tekanan darah tinggi
Seseorang dengan tekanan darah tinggi akan mengalami penurunan memori secara signifikan dari waktu ke waktu. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian di Amerika yang mensurvei lebih dari 30.000 partisipan selama 4 tahun. Hasil temuan menunjukkan bahwa orang yang mengalami tekanan darah tinggi memperoleh skor yang buruk pada tes memori. Naiknya tekanan darah bisa mengubah struktur pembuluh darah yang akan menjadi lebih tebal serta sulit mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini mengakibatkan kerusakan organ termasuk di otak sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berpikir dan daya ingat.

2. Menopause
Walapun belum ada bukti kuat yang bisa menjelaskan mengapa menopause menjadi salah satu pemicu menurunnya daya ingat, namun tidak sedikit wanita yang mengaku merasa lebih kacau pada saat dan menjelang menopause. Ini diperkuat dengan adanya penelitian di tahun 2008 yang dilakukan oleh peneliti dari University of Illinois, yang menemukan adanya hubungan antara menopause dengan rendahnya kemampuan mengingat. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 40 persen wanita mengaku menjadi lebih pelupa saat maupun menjelang menopause.

3. Kehamilan
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of New South Wales mendapatkan temuan bahwa wanita hamil cenderung akan mengalami gangguan ingatan sementara. Hal ini dipercaya bahwa yang menjadi pemicunya adalah perubahan hormon.

4. Gangguan tiroid
Kelenjar tiroid tidak bisa memproduksi hormon tiroid yang cukup jika seseorang mengalami gangguan hipotiroidisme. Ini akan membuat metabolisme melambat dan membuat tubuh kelelahan sehingga membuat orang menjadi pelupa.

5. Kekurangan vitamin B12
Vitamin B12 memiliki perang yang penting bagi fungsi saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat mengganggu kemampuan berpikir, mulai dari kepikunan hingga menurunnya daya ingat. Para pakar percaya bahwa vitamin B12 mampun menjaga selubung myelin (lapisan yang menyelubungi saraf). Apabila selubung rusak, maka transmisi pesan dari dan menuju otak bisa terganggu.

6. Kemoterapi
Hasil temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Stanford University, Amerika, menunjukkan bahwa pasien kanker payudara yang sudah menjalani kemoterapi mempunyai gangguan di beberapa bagian otak yang berperan penting dalam mengingat dan merencanakan. Hal yang selalu diwaspadai dari kemoterapi adalah adanya efek samping berupa ‘kabut kemoterapi’ yang dialami otak. Efeknya bisa berupa gangguan daya ingat ringan dan bingung, namun hanya berlangsung singkat saja.

7. Alkohol
Alkohol mempunyai efek buruk bagi otak, tepatnya pada hippocampus, yakni bagian otak yang berhubungan dengan penyimpanan dan perekaman memori. Itulah mengapa orang yang mabuk hampir selalu tidak ingat apa-apa terhadap kejadian yang mereka alami ketika berada pada pengaruh alkohol.

8. Perjalanan jarak jauh
Menjalani penerbangan lebih dari 4 jam juga dapat mempengaruhi daya ingat. Pengaruhnya mirip seperti kepala terkena benturan dan mempengaruhi gangguan ingatan dalam jangka pendek.

Comments

Popular posts from this blog

Adab Adab Budaya Melayu Riau Berdasarkan Google

Orang Melayu mengaku identitas kepribadiannya yang utama adalah adat istiadat Melayu, dan agama Islam. Dengan demikian, seseorang yang mengaku dirinya orang Melayu harus beradat-istiadat Melayu, berbahasa Melayu, dan beragama Islam. Dari tiga ciri utama kepribadian orang Melayu tersebut, yang menjadi pondasi pokok adalah agama Islam, karena agama Islam menjadi sumber adat-istiadat Melayu. Oleh karena itu, adat-istiadat Melayu Riau bersendikan syarak dan syarak bersendikan kitabullah. Dalam bahasa Melayu berbagai ungkapan, pepatah, perumpamaan, pantun, syair, dan sebagainya menyiratkan norma sopan-santun dan tata pergaulan orang Melayu. 1. Pendahuluan Orang Melayu menetapkan identitasnya dengan tiga ciri pokok, yaitu berbahasa Melayu, beradat-istiadat Melayu, dan beragama Islam. Dalam makalah ini, penulis akan mengemukakan beberapa hal pokok yang berkaitan dengan adat istiadat Melayu Riau. Seperti diketahui bersama, segala hal yang bersangkutan dengan adat-istiadat Me

Dimensi Besaran Pokok Dan Turunan

Di dalam mekanika, besaran pokok panjang, massa, dan waktu merupakan besaran yang berdiri bebas satu sama lain, sehingga dapat berperan sebagai  dimensi . Dimensi besaran panjang dinyatakan dalam L, besaran massa dalam M, dan besaran waktu dalam T. Persamaan yang dibentuk oleh besaran-besaran pokok tersebut haruslah konsisten secara dimensional, yaitu kedua dimensi pada kedua ruas harus sama. Dimensi suatu besaran yang dinyatakan dengan lambang huruf tertentu, biasanya diberi tanda [ ]. Tabel 1.4 menunjukkan lambang dimensi besaran-besaran pokok. Dimensi dari besaran turunan  dapat disusun dari dimensi besaran-besaran pokok. Tabel 1.5 menunjukkan berbagai dimensi besaran turunan .     Analisis Dimensi Setiap satuan turunan dalam fisika dapat diuraikan atas faktor-faktor yang didasarkan pada besaran-besaran massa, panjang, dan waktu, serta besaran pokok yang lain. Salah satu manfaat dari konsep dimensi adalah untuk menganalisis atau menjabarkan benar atau salahnya suatu

Pembahasan Soal Olimpiade TIK Tingkat Kabupaten Tahun 2006

  Hey bro! kali ini saya mau membahas soal Olimpiade TIK yang di selenggarakan oleh TOKI! Langsung aja ya! SOAL OLIMPIADE TIK Tingkat Kabupaten tahun 2006 Pembahasan ini kami sengaja buat secara berseri, dengan tujuan agar kita tidak lekas bosan dan jenuh. Di samping itu juga agar kita mudah memahami apa yang kami sampaikan dalam pembahasan ini. SOAL 1 – 2: Deskripsi untuk pertanyaan 1-2 Deret bilangan Fibonacci didefisikan secara rekursif sbb. f1 = 1 f2 = 1 fn = fn-1 + fn-2 untuk semua n > 2 1. Berapa banyak kah bilangan Fibonacci antara 10 sampai dengan 100? (A) 90 (B) 9 (C) 5 (D) 10 (E) 12 2. Dengan mengambil satu harga n kemudian anda menjumlahkan bilangan-bilangan tsb mulai dari f1 s.d. fn maka berapakah n terkecil agar jumlah itu > 150? (A) 9 (B) 10 (C) 11 (D) 15 (E) 20 PEMBAHASAN SOAL: Sebagaimana yang kita ketahui bersama, soal-soal dalam olimpiade komputer jarang merupakan soal mandiri. Biasanya, soal-soal ini merupakan soal berkelompok, dengan satu macam permasalaha